Dua Harimau yang Lepas dari Sinka Zoo Berhasil Diamankan

Dua Harimau yang Lepas dari Sinka Zoo Berhasil Diamankan

Terbaiknews - Petugas gabungan dari BKSDA Kalbar dan TNI/Polri berhasil mengamankan harimau yang lepas dari Sinka Zoo. (Antara)

–Tim gabungan yang terdiri atas petugas BKSDA serta TNI-Polri, akhirnya berhasil mengamankan dua harimau yang lepas dari kebun binatang Sinka Zoo, Singkawang, Sabtu (6/2).

Harimau kuning berhasil dilumpuhkan dengan peluru tajam pada Sabtu (6/2) pagi dan harimau putih berhasil dilumpuhkan dengan peluru bius Sabtu (6/2) sore.

Usai ditembak peluru bius, petugas harus menunggu kurang lebih 20 menit sambil memantau pergerakan harimau putih, hingga harimau tersebut benar-benar pingsan. Harimau putih yang sudah dalam keadaan pingsan kemudian dimasukkan ke dalam jaring oleh petugas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Keberhasilan itu mendapat respons positif dari Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. ”Terima kasih kepada tim gabungan dan doa kawan-kawan,” kata Tjhai Chui Mie seperti dilansir dari Antara pada Sabtu (6/2).

Sebelumnya, Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan, tim gabungan telah berhasil melumpuhkan salah satu harimau yang lepas, pada Sabtu (6/2) pagi.

”Tadi pagi (6/2), kami bersama Brimob, BKSDA, dan TNI melakukan upaya-upaya pelumpuhan dengan cara menembakkan peluru bius namun tidak berhasil,” kata Adhi.

Setelah melakukan koordinasi dengan BKSDA, mengingat harimau tersebut juga sudah menjebol beberapa kandang hewan di Sinka Zoo, kemudian membunuh bahkan memangsa hewan di Sinka Zoo. Sehingga dengan sangat terpaksa tim gabungan memberikan tindakan tegas dengan menggunakan peluru tajam.

”Harimau yang berhasil dilumpuhkan diperkirakan usianya sekitar 1,5 tahun. Sedangkan yang satu lagi berusia sekitar 1 tahun,” ujar Prasetiyo Adhi Wibowo.

Kapolres mengungkapkan, beberapa pertimbangan dilumpuhkannya harimau tersebut dengan peluru tajam, yakni karena obat bius tidak bisa menembus badannya. Dari BKSDA menyampaikan bahwa naluri alaminya sudah muncul kembali. Harimau tersebut telah menjebol beberapa kandang hewan di Sinka Zoo, kemudian membunuh dan memangsa hewan tersebut.

”Sehingga dikhawatirkan harimau tersebut membahayakan masyarakat di sekitar Sinka Zoo,” ungkap Prasetiyo Adhi Wibowo.

Adhi menyebutkan, ada satu korban jiwa akibat serangan hewan buas tersebut. ”Korban bukan pawang harimau tapi pekerja dari bagian kuda di Sinka Zoo,” ujar Prasetiyo Adhi Wibowo.

Saksikan video menarik berikut ini: