Disdik Kota Depok Segera Luncurkan Kanal YouTube untuk Pembelajaran

Disdik Kota Depok Segera Luncurkan Kanal YouTube untuk Pembelajaran

Terbaiknews - DepokIDN Times - Dinas Pendidikan Kota Depok berencana melakukan inovasi untuk membuat akun...

Depok, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Depok berencana melakukan inovasi untuk membuat akun saluranYoutube untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Nantinya kanal tersebut akan dimasukan pada pendidikan semester genap 2020/2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin mengatakan, kanal YouTube akan dijadikan sebagai metode pendidikan yang diberikan dinas pendidikan kepada siswa di Kota Depok. Saat ini sedang dilakukan pematangan, sehingga pada pembelajaran semester dua dimulai, dapat segera dimplementasikan.

"Tujuannya untuk menunjang pembelajaran jarak jauh selama pandemik COVID-19," ujar Thamrin, Depok, Senin, 11 Januari 2021.

1. Saluran YouTube berisi video pembelajaran

Disdik Kota Depok Segera Luncurkan Kanal YouTube untuk PembelajaranKadisdik Kota Depok, Mohammad Thamrin. (IDNTimes/Dicky)

Thamrin menjelaskan, saluran YouTube yang sedang dibuat berisi video pembelajaran terkait pendidikan di berbagai jenjang, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA.

"Video pembelajaran dari semua jenjang pendidikan dan mencegah kejenuhan siswa," kata dia.

Thamrin mengungkapkan, pembelajaran melalui saluran YouTube akan dibagi per hari. Hal itu dilakukan untuk memudahkan siswa melakukan pembelajaran dan video yang diberikan tidak secara bersamaan.

2. Saluran YouTube hasil kerja sama dengan guru

Disdik Kota Depok Segera Luncurkan Kanal YouTube untuk PembelajaranIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Thamrin menuturkan, pembuatan saluran YouTube Dinas Pendidikan Kota Depok merupakan hasil kerja sama para guru di Kota Depok. Nantinya, para guru yang terlibat akan mengisi materi di saluran ini, yang dibuat untuk siswa.

Thamrin mengklaim, dengan sistem tersebut akan mempermudah siswa melakukan pembelajaran. "Jadi murid akan senang selama melakukan pembelajaran jarak jauh dan guru di Kota Depok lebih inovatif," ucap dia.

Thamrin menilai, pembelajaran melalui saluran YouTube sebagai terobosan dan peningkatan kualitas pemelajaran jarak jauh pada semester genap. Selain itu, metode yang akan dilakukan Dinas Pendidikan sebagai edukasi dan inovasi kepada masyarakat.

3. Segera diresmikan Wali Kota Depok

Disdik Kota Depok Segera Luncurkan Kanal YouTube untuk PembelajaranSejumlah siswa memanfaatkan fasilitas internet yang disediakan oleh rumah makan di Bali (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Thamrin menuturkan, apabila rencana yang sedang dibangun Dinas Pendidikan Kota Depok telah selesai, akan diresmikan Wali Kota Depok. Dia berniat pembelajaran menggunakan saluran YouTube tidak hanya dilakukan pada semester genap selama pandemik COVID-19, namun dilakukan secara terus-menerus.

"Jadi channel YouTube tidak hanya dilakukan saat pandemik, namun terus dilakukan sebagai pengayaan pendidikan di Kota Depok," ucap dia.

Thamrin menuturkan, Pemerintah Kota Depok memutuskan pembelajaran pada semester genap dilakukan secara PJJ. Hal itu mengingat Kota Depok masih dilanda pandemik COVID-19. Pemkot Depok lebih mementingkan kesehatan dan keselamatan siswa serta para pendidik.

"Keselamatan dan kesehatan siswa dan tenaga pendidik lebih penting sehingga Kota Depok memutuskan untuk meneruskan PJJ pada semester genap," tutup dia.

COVID-19 Detais Indonesia