Demam Hingga Pingsan, Begini Duka Lara Petugas Medis Tertular COVID-19

Demam Hingga Pingsan, Begini Duka Lara Petugas Medis Tertular COVID-19

Terbaiknews - SemarangIDN Times - Petugas rekam medis di salah satu rumah sakit di Jawa Tengah bernama Dian...

Semarang, IDN Times - Petugas rekam medis di salah satu rumah sakit di Jawa Tengah bernama Dian berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Melalui sambungan telepon, dia curhat dengan orang nomor satu di Jateng tersebut.

Dian saat ini harus menjalani perawatan di ruang isolasi, lantaran telah terinfeksi virus corona atau COVID-19.

1. Dian pernah berbincang 15 menit dengan pasien positif virus vorona yang batuk terus-menerus

Demam Hingga Pingsan, Begini Duka Lara Petugas Medis Tertular COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Jojon)

Dian mengaku tak tahu kalau ada seorang pasien positif virus corona yang datang berobat ke rumah sakitnya. Sekitar 15 menit lamanya, ia sempat berbincang dengan si pasien di depan meja rekam medis. Seingatnya, saat itu tanpa memakai masker, pasien tersebut batuk terus-menerus.

"Waktu itu ada pasien datang, saya yang tugas di bagian pendaftaran langsung melakukan pendaftaran. Saat dia datang, saya tidak tahu kalau dia suspect corona, saya kontak dengan dia sekitar 15 menit tanpa menggunakan masker. Dia batuk terus selama proses itu," tutur Dian.

Demam Hingga Pingsan, Begini Duka Lara Petugas Medis Tertular COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

2. Dian tiba-tiba demam tinggi disertai batuk, hingga pingsan di rumah sakit

Demam Hingga Pingsan, Begini Duka Lara Petugas Medis Tertular COVID-19Ilustrasi petugas medis berada di dalam ruangan Respiratory Intensive Care Unit. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Belakangan, Dian terkejut tatkala mendengar kabar si pasien tersebut dinyatakan positif virus corona. Tak lama kemudian, ia pun mengalami gejala yang menyerupai virus corona,demam tinggi dan batuk-batuk. Namun gejala itu awalnya tak digubris, Dian tetap masuk kerja seperti biasanya.

"Sampai saya pingsan karena tidak kuat. Setelah dicek, saya dinyatakan positif corona," kata dia.

3. Dian belum pernah ketemu anaknya

Demam Hingga Pingsan, Begini Duka Lara Petugas Medis Tertular COVID-19Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghubungi pasien positif Corona. Dok humas Pemprov Jateng

Meski sempat terpukul, Dian tidak putus asa. Sekuat tenaga ia berusaha sembuh dari virus corona. Ia kini tengah menjalani proses isolasi di rumah sakitnya. Dian tak sempat bersua dengan anak kesayangannya yang berusia dua tahun. Rasa rindu pada sang buah hati harus ia pendam demi sembuh dari COVID-19.

"Anak saya dua tahun pak, sejak saya dinyatakan positif dan dikarantina, sampai sekarang saya belum berjumpa. Kangen sekali rasanya pak," kata ibu satu anak ini saat berbincang dengan Ganjar.

Kala senggang, ia mengontak anaknya melalui video call. Anak balitanya kini dititipkan ke mertuanya, sedangkan suaminya kerja di Jakarta.

"Saat video call, anak sering tanya, mama kapan pulang? Saya jawab mama masih kerja. Dia tahunya saya masih kerja," ucap Dian.

4. Ganjar turut prihatin dengan kondisi yang dialami Dian

Demam Hingga Pingsan, Begini Duka Lara Petugas Medis Tertular COVID-19Ilustrasi Cara Menangani Wabah Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Mendengar curhatan itu, Ganjar berusaha menyemangati Dian agar lekas sembuh. "Tetap semangat ya, banyak teman-teman yang selalu mendoakan dan mendukung para tenaga medis seperti panjenengan (Anda)," kata Ganjar.

"Mbak segera sehat. Sampaikan pada putra njenengan (Anda), saya kepengen nggendong," sambung Ganjar.

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

COVID-19 Detais Indonesia