Dapat Rp 18,6 M, PP PBSI Serap 10 hingga 15 Persen Dana Pelatnas

Dapat Rp 18,6 M, PP PBSI Serap 10 hingga 15 Persen Dana Pelatnas

Terbaiknews - Melati Daeva Oktavianti dan Praveen Jordan saat beraksi pada final All England 2020. Mereka sukses menjadi juara. Inilah gelar pertama mereka dalam ajang BWF Tour Super 1000. (Oli Scarff/AFP)

â&;&; Rumit benar problem dana pelatnas untuk proyeksi Olimpiade 2020. Baru sebulan lalu Kemenpora meneken MoU dengan 11 induk cabang olahraga. Namun, ternyata wabah virus korona baru menyerang dan Olimpiade ditunda setahun.

Otomatis, anggaran tersebut wajib ditinjau ulang. Sebab, pemanfaatannya belum optimal. Banyak pelatnas yang diliburkan. Berbagai kejuaraan yang direncanakan untuk tryout juga dibatalkan. Selain itu, pemerintah lebih memfokuskan anggaran negara untuk mengatasi wabah Covid-19.

Untuk itu, cabor-cabor mengaku legawa. Juga siap kalau anggarannya di-review. Misalnya, PP PBSI yang menerima dana Rp 18,6 miliar dari pemerintah. Anggaran itu mencapai 10â&;&;15 persen dari kebutuhan pelatnas bulu tangkis.

â&;&;â&;&;Saya belum tahu informasinya sih. Kami siap saja. Kalau mau di-review, ya monggo karena kita kan sudah biasa transparan, pakai auditor. Jadi, tidak ada masalah ya,â&;&;â&;&; tutur Achmad Budiharto, Sekjen PP PBSI.

Meski demikian, pihaknya berharap dana yang sudah diberikan tidak ditarik lagi. Sebab, dana itu akan digunakan untuk pelatnas jangka panjang.

Sebenarnya, ada atau tidak ada bantuan dari pemerintah, pelatnas bulu tangkis akan tetap berjalan. Dana pelatnas, kata Budi, kebanyakan digunakan untuk membiayai turnamen. Namun, juga banyak turnamen yang dibatalkan akibat pandemi Covid-19. â&;&;â&;&;Dengan banyaknya turnamen yang di-cancel, sepertinya tidak banyak berpengaruh,â&;&;â&;&; imbuh Budi.

Hal senada diucapkan Sekjen PP Pelti Leni Sardad. Menurut dia, seluruh kejuaraan ITF, ATP, dan WTA dibatalkan hingga 7 Juli nanti. Karena itu, dana tryout yang belum digunakan masih ada.

Di sisi lain, Kabid Binpres PB TI Yefi Triaji menyatakan, sampai saat ini, belum ada petunjuk lebih lanjut dari Kemenpora terkait dengan review anggaran.

â&;&;â&;&;Kami tetap melaksanakan kegiatan. Tim pelatnas akan membuat program dengan mempertimbangkan situasi Olimpiade yang ditunda tahun depan,â&;&;â&;&; ucapnya.

COVID-19 Detais Indonesia