Cegah Berpergian di Imlek, Jabar & Jatim Bikin Aturan Khusus

Cegah Berpergian di Imlek, Jabar & Jatim Bikin Aturan Khusus

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia- Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan saat perayaan Imlek yang jatuh...

Jakarta, CNBC Indonesia- Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan saat perayaan Imlek yang jatuh pada Jumat (12/02/2021), pemerintah meminta melakukan perayaan secara sederhana. Gubernur Jawa Barat pun mengatakan sesuai kesepakatan pemerintah pusat, Imlek merupakan hari libur namun tidak dianjurkan untuk bepergian meskipun long weekend. Hal ini untuk menekan potensi penularan Covid-19 di masa libur tersebut.

"Rumusnya sederhana dimana ada pelonggaran pergerakan disana kasus naik, dimana ada perlambatan pergerakan maka kasus turun. Libur panjang ini sudah disepakati, Jawa Bali libur panjang ini tetap ada liburnya tapi kami akan masif mengkomunikasikan untuk di rumah saja sehingga tidak ada pergerakan lintas kota," kata Ridwan Kamil, Kamis (04/02/2021).

Masyarakat akan dihimbau untuk tetap di rumah dan tidak melakukan perjalanan antar kota atau antar wilayah. Dengan begitu diharapkan tidak ada kenaikan signifikan meskipun ada hari libur panjang.


Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menyatakan hal serupa juga terjadi pada libur natal dan tahun baru yang jatuh di hari Jumat. Langkah yang diambil saat itu untuk tempat yang rawan menimbulkan kerumunan ada kebijakan operasionalnya dibatasi atau ditutup. Namun hingga kini belum diambil keputusan apakah akan menempuh langkah yang sama.

"Kami akan mencermati akan menimbulkan long weekend dan risiko, beberapa langkah yang diambil untuk mengurangi mobilitas adalah rekayasa lalu lintas. Jalan protokol diatur agar tidak menimbulkan dorongan mobilitas tinggi," kata Emil.

Yang tidak kalah penting, langkah yang dapat diambil seperti jam malam untuk meminimalisir pergerakan. Ini akan dilakukan setelah PPKM selesai, keputusan apakah pembatasan ini akan diperpanjang atau tidak akan mempengaruhi langkah-langkah yang dilakukan pada libur Imlek nantinya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)