Besok Mulai Vaksinasi Covid-19, Hal-hal Ini Harus Tetap Dilakukan

Besok Mulai Vaksinasi Covid-19, Hal-hal Ini Harus Tetap Dilakukan

Terbaiknews - Ilustrasi pendistribusian vaksin Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia (ALFIAN RIZAL/JAWA POS)

– Vaksinasi Covid-19 rencananya akan dilakukan pada Rabu (13/1). Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid-19.

Terkait hal tersebut, Ketua Indonesian Technical Advisory Group for Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro menuturkan bahwa vaksinasi Covid-19 begitu penting untuk masyarakat. “Vaksinasi ini merupakan suatu momentum yang penting di dalam kita mengakhiri pandemi Covid-19,” ungkapnya dalam siaran YouTube BNPB Indonesia.

Vaksinasi adalah hal penting. Di samping itu, penerapan protokol kesehatan juga penting. Oleh karenanya, masyarakat diminta untuk terus menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Perlu diingat bahwa vaksinasi sendiri tidak bisa menjadi upaya pencegahan, harus menjadi kesatuan menjadi pelindung dari protokol kesehatan, bagaimana kita mencuci tangan, bagaimana kita memakai masker, dan menjaga jarak itu sangat penting,” tutur dia.

Selain itu deteksi dini sama pentingnya untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 dengan 3T yaitu testing, tracing, dan treatment. Ketiga komponen itu harus dijalankan dengan maksimal untuk dapat mengatasi penularan di masyarakat.

“Dikerjakan bersama-sama dengan vaksinasi dan hal yang penting adalah bahwa vaksinasi itu bukan hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga keluarga kita yang setiap hari kita bertemu dan masyarakat di sekeliling kita,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

COVID-19 Detais Indonesia