Bencana di Berbagai Daerah, Penting Perhatikan Pemenuhan Gizi di Pengungsian

Bencana di Berbagai Daerah, Penting Perhatikan Pemenuhan Gizi di Pengungsian

Terbaiknews - KOMPAS.com - Bencana tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa waktu laluterjadi...

KOMPAS.com - Bencana tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa waktu lalu, terjadi bencana gempa di Sulawesi Barat sehingga warga di wilayah terdampak harus mengungsi dan bertahan di pengungsian.

Dalam dua pekan terakhir, banjir besar juga melanda beberapa daerah, misalnya Kalimantan Selatan, Jawa Timur, dan terbaru sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Peristiwa banjir ini membuat para warga harus berada di pengungsian.

Ahli gizi dr. Tan Shot Yen, M. Hum mengingatkan, penting memerhatikan pemenuhan gizi warga yang berada di tempat- tempat pengungsian.

"Penting banget. Pertama, banyak warga rawan gizi yang juga ada di pengungsian (seperti) ibu hamil, menyusui, dan balita," ujar Tan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) menunjukkan, ada 263 bencana yang terjadi sepanjang Januari 2021. Data tersebut merupakan rangkuman hingga 31 Januari 2021 pukul 15.00 WIB.

Adapun untuk jumlah orang yang menderita dan mengungsi akibat bencana, tercatat sebanyak 1.548.173 orang.

Catatan BNPB: Ada 263 Bencana Sepanjang Januari 2021

Kelompok rentan gizi

Dalam waktu 6 jam setelah terjadi bencana, perlu segera dibangun dapur umum dan dapur pemberian makanan bayi dan anak (PMBA).

Tan menjelaskan, PMBA perlu disediakan karena kebutuhan gizi untuk anak, bayi, ibu hamil, dan menyusui berbeda dengan orang dewasa normal.

"Mereka tidak bisa diperlakukan sama dengan orang-orang dewasa dalam kondisi normal. Ibu menyusui saja jika stress dan tidak punya ruang nyaman untuk menyusui, ASInya akan terhenti," kata Tan.