Banjir Tertangani, Kepala BPBD DKI Mundur

Banjir Tertangani, Kepala BPBD DKI Mundur

Terbaiknews - Subejo mengundurkan diri untuk menjadi Widyaiswara Ahli Utama.
Subejo mengundurkan diri untuk menjadi Widyaiswara Ahli Utama.

, JAKARTA -- Belum tuntas persoalan banjir di Jakarta, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo mengundurkan diri dari jabatannya. Dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Subejo mengakui ia sudah memutuskan mundur sejak pekan lalu.

"Iya sudah (mundur). Saya ambil cuti untuk fokus persiapan pengajuan sebagai widyaiswara," katanya kepada wartawan, Kamis (27/2). Namun ketika ditanya lebih jauh, Subejo enggan menjawab kepada wartawan, karena ia merasa sudah menyampaikan hal itu ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). "Sudah di BKD," katanya.

Rabu kemarin Kepala BKD DKI Jakarta Chaidir mengungkapkan surat pengunduran diri Subejo sudah masuk sejak Senin (24/2) kemarin di Badan Kepegawaian. Chaidir juga menyebut, Subejo mengundurkan diri untuk menjadi Widyaiswara Ahli Utama.

Jabatan Widyaiswara ini, cukup prestisius karena jam terbangnya bisa pindah ke lembaga atau kementerian. Subejo ikut dalam persiapan idyaiswara Ahli Utama, yang bisa menjabat sampai usia 65 tahun. Dimana umur Subejo saat ini baru 59 tahun.

Saat ini Subejo sedang mengambil jatah cuti pegawai. Untuk mengisi kekosongan itu, pemerintah daerah telah menunjuk Sabdo Kurnianto Kepala Bidang Kedaruratan dan Logstik BPBD sebagai Pelaksana harian (Plh) Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta.“Dia pindah atas permintaan sendiri mau jadi Widyaiswara Utama,” ungkapnya.

Tercatat ada empat jenjang Widyaiswara yakni, Widyaiswara Ahli Utama, Widyaiswara Ahli Madya, Widyaiswara Ahli Muda dan Widyaiswara Ahli Pertama. Di sana, Subejo akan menjadi pejabat fungsional dengan tugas dan tanggung jawab dalam mendidik, mengajar atau melatih ASN pada lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) pemerintah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah memastikan penanganan banjir sudah bisa tertangani. Dan beberapa wilayah yang sempat tergenang, memang sudah surut. Sedangkan jabatan Kepala BPBD dipegang Pelaksana Harian (Plh) Sabdo Kurnianto.

Selain Subejo, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Kelik Indriyanto juga mengundurkan diri pada Senin lalu. Diketahui kini Kelik menjabat sebagai staf di Tim Gubernur untuk Percepatan dan Pembangunan (TGUPP). Kedua pejabat ini, jelas Chaidir baik Subejo atau Kelik mengundurkan diri atas kemauan sendiri. Dengan kata lain bukan karena alasan tekanan pekerjaan.