Apa Investasi Terbaik untuk Dilakukan?

Apa Investasi Terbaik untuk Dilakukan?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Keadaan yang tidak menentu dan harapan mendapatkan keuntungan berlebih mendorong...

KOMPAS.com - Keadaan yang tidak menentu dan harapan mendapatkan keuntungan berlebih mendorong masyarakat untuk berinvestasi di sejumlal hal atau bidang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalahpenanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Bentuk investasi pun beraneka ragam, ada yang dalam bentuk saham, emas, properti dan sebagainya.

Demi Masa Depan, Lebih Baik Menabung atau Investasi?

Lantas, investasi apa yang dirasa paling baik untuk dilakukan masyarakat?

Menurut perencana keuangan Safir Senduk tidak ada investasi yang paling dominan, artinya masing-masing produk investasi mempunyai kelebihan dan kelemahan.

"Jawaban saya enggak ada (yang dominan). Semua punya kelebihan dan kekurangan sendiri," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/8/2020).

Safir pun menjabarkan terkait jawabannya tersebut.

Properti

Produk investasi pertama yang banyak dianggap menjanjikan oleh sebagian besar masyarakat adalah investasi di bidang properti.

Banyak orang yang mengimani memiliki properti saat ini pasti akan mendapatkan keuntungan besar di waktu yang akan datang, karena harga tanah dan bangunan selalu mengalami peningkatan setiap waktu.

Selain itu, properti dianggap menjanjikan karena prospek ke depan ketersediaan lahan yang semakin menipis sehingga harga properti pun ikut melambung.

"Orang Indonesia itu kan sering 'mendewakan' investasi properti. Misalnya punya rumah di Serpong, '5-10 tahun lagi waah harganya sudah luar biasa'," kata dia.

Mengenang Ciputra, dari Atlet Lari, Begawan Properti hingga Kelola Institusi Pendidikan

Properti, khususnya berupa bangunan entah rumah, gedung, ruko, atau yang lain bisa dimanfaatkan dalam dua hal, disewakan, dan dijual kembali.

Di sini Safir mengingatkan, bahwa banyak orang yang tidak berpikir bahwa menjual properti itu sebuah hal yang sulit.

"Jual properti itu enggak gampang, sama sekali enggak gampang, tapi kalau kita dapat orang yang mau beli, kelebihannya adalah kita bisa dapat untung yang luar biasa," sebutnya.

Mengapa Harga Emas Cenderung Terus Naik?

Emas

Apa Investasi Terbaik untuk Dilakukan?KONTAN/MURAIDI Ilustrasi emas

Saat disinggung terkait dengan investasi emas, meski dianggap harganya akan selalu naik seiring jalannya waktu, Safir tidak sepenuhnya setuju dengan pendapat itu.

COVID-19 Detais Indonesia