Antisipasi Macet, 8 KA dari Stasiun Gambir Berhenti di Jatinegara

Antisipasi Macet, 8 KA dari Stasiun Gambir Berhenti di Jatinegara

Terbaiknews - JakartaIDN Times - PT KAI Daop 1 Jakarta sudah melakukan antisipasi keterlambatan pengguna jasa...

Jakarta, IDN Times - PT KAI Daop 1 Jakarta sudah melakukan antisipasi keterlambatan pengguna jasa kereta menuju Stasiun Gambir karena adanya pengalihan arus lalu lintas sejumlah ruas jalan raya menuju area Stasiun Gambir.

Hal ini juga berkaitan dengan adanya aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerjaoleh mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesa (BEM SI) pada hari ini.

"Ada pun pengaturan pola operasi tersebut dilakukan untuk delapan perjalanan KA keberangkatan Stasiun Gambir yang akan berhenti secara khusus di Stasiun Jatinegara untuk melayani pengguna jasa," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (16/10/2020).

1. Daftar keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti di Stasiun Jatinegara

Antisipasi Macet, 8 KA dari Stasiun Gambir Berhenti di JatinegaraSuasana Stasiun Kereta Api Medan saat Natal dan Tahun Baru (IDN Times/Yurika Febrianti)

Berikut adalah daftar 8 KA keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti di Stasiun Jatinegara:

- KA 7030A Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.50 WIB

- KA 10 Argo Dwipangga keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.00 WIB

- KA 4 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.15 WIB

- KA 44 Argo Parahyangan Excellent keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 15.40 WIB

- KA 72 Bima keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 16.40 WIB

- KA 76 Gajayana keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 18.00 WIB

- KA 6 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 20.30 WIB

- KA 8 Argo Lawu keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 21.00 WIB

2. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir tidak ada perubahan

Antisipasi Macet, 8 KA dari Stasiun Gambir Berhenti di JatinegaraPetugas keamanan menegur calon penumpang Kereta Rel Listrik Commuter Line yang menggunakan masker jenis scuba di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/9/2020). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Sementara itu, Eva menjelaskan bahwa seluruh waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan. Dengan pengaturan pola operasi khusus tersebut, masyarakat diharapkan dapat terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir

3. Penumpang bisa berangkat dari Stasiun Jatinegara

Antisipasi Macet, 8 KA dari Stasiun Gambir Berhenti di JatinegaraInstagram/Kereta Api Indonesia

Dia juga mengatakan bahwa pada hari inipenumpang bisa memilih untuk berangkat dari Stasiun Jatinegara. Karena pada saat normal, KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara.

"Namun khusus Jumat 16 Oktober 2020 akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk proses naik turun penumpang. Hal ini dilakukan untuk memudahkan calon penumpang KA agar tidak terdampak kemacetan lalu lintas saat akan menuju Stasiun Gambir dan mengalami keterlambatan," ujar Eva.

COVID-19 Detais Indonesia