Antisipasi Demo, Sejumlah Jalan di Medan Merdeka Utara Telah Ditutup

Antisipasi Demo, Sejumlah Jalan di Medan Merdeka Utara Telah Ditutup

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Polisi telah mengantisipasi aksi demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU...

Jakarta, IDN Times - Polisi telah mengantisipasi aksi demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) atau Omnibus Law, yang dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

Antisipasi dilakukan salah satunya dengan menutup sejumlah ruas jalan di Jalan Medan Merdeka Utara arah Istana Negara atau di depan kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Patung Kuda Indosat), kawasan Monas, Jakarta Pusat. Jalan ini telah ditutup oleh polisi sejak Kamis malam.

1. Ada 500 personel polantas yang diterjunkan untuk amankan jalur demo

Antisipasi Demo, Sejumlah Jalan di Medan Merdeka Utara Telah DitutupDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, polisi lalu lintas (polantas) yang diterjunkan mencapai 500 personel.

"Kalau dari lalu lintas sendirian ada 500, kami menjaga sekitar 25 titik di Jakarta. Khusus untuk daerah ini (Patung Kuda), ya belum termasuk dengan penjagaan rutin yang setiap hari kami laksanakan," ujar Sambodo kepada awak media, di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

2. Minta mahasiswa sampaikan aspirasi dengan damai

Antisipasi Demo, Sejumlah Jalan di Medan Merdeka Utara Telah DitutupRatusan demonstran yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) berunjuk rasa menolak pengesahan Undang-undang Cipta Kerja di Alun-alun Serang, Banten, Rabu (14/10/2020) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sambodo tidak secara rinci menjelaskan jumlah massa yang turun ke jalan pada aksi hari ini.

Menurut data yang dia dapatkan, sudah ada 2.000 orang yang hadir dalam aksi unjuk rasa kali ini. Namun, jumlah tersebut masih bisa berubah karena belum diperbaharui.

Dia meminta agar mahasiswa bisa menyampaikan aspirasinya dengan elegan, dan tidak berbuat anarkis ketika menyampaikan pendapat.

3. Penutupan dengan barier dari beton untuk melindungi petugas

Antisipasi Demo, Sejumlah Jalan di Medan Merdeka Utara Telah DitutupAnak di bawah umur mengikuti aksi tolak UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (13/10/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dia juga mengatakan bahwa penutupan dilakukan dengan menggunakan barier dari beton, untuk melindungi polisi lalu lintas yang turut berjaga.

"Kita lihat beberapa kali unjuk rasanya anarkis ya, dan ini juga tentu untuk melindungi petugas. Karena, dari unjuk rasa kemarin juga ada beberapa anggota kami yang terluka, gitu," kata dia.

Aksi demo akhir-akhir ini diduga kerap disusupi hingga berakhir ricuh, dan membuat petugas terluka.

"Jangan sampai nanti kemudian tiba-tiba anggota lagi berjaga, ditabrak sama kendaraan seperti truk, kan sudah pernah ada kejadian seperti beberapa waktu lalu," kata Sambodo.

COVID-19 Detais Indonesia