30 November, Terjadi Gerhana Bulan Penumbra Terakhir di Tahun Ini

30 November, Terjadi Gerhana Bulan Penumbra Terakhir di Tahun Ini

Terbaiknews - KOMPAS.com - Masyarakat di Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan penumbra pada 30 November 2020....

KOMPAS.com - Masyarakat di Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan penumbra pada 30 November 2020. Gerhana ini menjadi gerhana bulan terakhir di tahun 2020.

Gerhana bulan sebelumnya, yang berasosiasi dengan gerhana bulan pada 30 November, merupakan gerhana bulan penumbra yang terjadi pada 20 November 2002.

Sedangkan gerhana bulan yang akan datang, yang berasosiasi dengan gerhana bulan pada 30 November,adalah gerhana bulan penumbra pada 11 Desember 2038.

Menurut informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), fenomena gerhana bulan penumbra dapat teramati dari seluruh Indonesia, tetapi bergantung dengan waktu terjadinya gerhana.

"Untuk wilayah barat, tidak terlihat karena masih ada Matahari, sehingga cahaya Bulan ketika gerhana sulit terlihat," kataKepala Sub Bidang Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Suaidi Ahadi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Sementara untuk wilayah timur, lanjut Suaidi, kemungkinan baru terlihat saat puncak gerhana menuju akhir gerhana.

Benarkan Gerhana Bulan Sebabkan Banjir Rob, Ini Penjelasan BMKG

Melansir situs resmi BMKG, gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi bulan-matahari-bumi tidak persis sejajar.

Hal ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi, yang mengakibatkan saat gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Seperti Ini Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Aceh, Ketertutupannya Cukup Besar