3 Hari ke Depan, Jakarta Masih Potensi Diguyur Hujan Intensitas Sedang

3 Hari ke Depan, Jakarta Masih Potensi Diguyur Hujan Intensitas Sedang

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Badan MeteorologiKlimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan akan...

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan akan mengguyur wilayah DKI Jakarta dalam tiga hari ke depan. Intensitas hujan berkisar antara ringan hingga sedang.

"Wilayah DKI, tiga hari ke depan potensi hujan intensitas ringan-sedang masih cukup signifikan, terutama pada malam atau dini hari," kata Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKGMiming Saepudin, kepada IDN Times, Senin (8/2/2021).

Sementara itu, untuk sepekan ke depan, hujan deras masih berpotensi di beberapa wilayah. Di antaranya Sumatra Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

1. Sebagian wilayah Indonesia masih masuk periode puncak musim hujan

3 Hari ke Depan, Jakarta Masih Potensi Diguyur Hujan Intensitas SedangIlustrasi Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Miming menyebutkan selama Februari 2021 masih ada sebagian wilayah di Indonesia yang memasuki periode puncak musim hujan. Misalnya di Sumatra bagian selatan, sebagian besar Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Dan sebagian di ada wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua," ungkapnya.

Sebelumnya, Miming juga mengatakan, puncak musim hujan di sejumlah wilayah Indonesia diprediksi berlangsung Januari hingga Februari 2021.

2. Waspada cuaca ekstrem hingga awal Maret 2021

3 Hari ke Depan, Jakarta Masih Potensi Diguyur Hujan Intensitas SedangIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait puncak musim hujan, Miming meminta, masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem. Setidaknya, kata dia, kewaspadaan harus ditingkatkan hingga awal Maret 2021.

"Sehingga kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem tetap harus ditingkatkan paling tidak hingga awal Maret mendatang," ucapnya.

Meski awal Maret 2021 sudah mulai memasuki periode peralihan musim, kata dia, masih terdapat potensi curah hujan tinggi dalam durasi singkat disertai angin kencang.

"Bahkan, potensi puting beliung dan hujan es masih cukup potensial terjadi pada periode pancaroba," tutur Miming.

3. BPBD DKI imbau warga bantaran sungai waspadai banjir

3 Hari ke Depan, Jakarta Masih Potensi Diguyur Hujan Intensitas SedangIlustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan Pos Pantau Sunter Hulu berstatus awas atau siaga I. Sehingga, warga di sepanjang bantaran sungai diimbau mewaspadai banjir.

"Antisipasi sekitar 4 jam ke depan air akan sampai di Pintu Air Pulo Gadung,” ujar BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter @BPBDJakarta, Senin (8/2/2021).

BPBD DKI mencatat kenaikan status dari waspada atau siaga III menjadi siaga atau siaga II hingga status awas atau siaga I itu terjadi, mulai pukul 01.00 hingga pukul 04.00 WIB.

"Selamat pagi. Kami BPBD Daerah Provinsi DKI Jakarta menginformasikan bahwa pada pukul 03.00 WIB, ketinggian Pos Pantau Sunter Hulu 240 cm, dalam status siaga dua, diimbau kepada warga bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir," ujar petugas peringatan dini BPBD DKI Jakarta dalam video yang diunggah dalam akun Twitternya.