1.033 Resto Tutup Total di RI, Bertambah Seratusan Tiap Bulan

1.033 Resto Tutup Total di RI, Bertambah Seratusan Tiap Bulan

Terbaiknews - JakartaCNBCÂIndonesia - Ternyata jumlah restoran yang tutup total atau permanen makin...

Jakarta, CNBCÂIndonesia - Ternyata jumlah restoran yang tutup total atau permanen makin banyak. Sejak tahun lalu saja sudah seribu lebihÂrestoÂtutup termasuk di DKIÂJakarta, bahkan ada ratusan setiap bulan yang tutup akibat tak kuat bertahan dari pandemiÂcovid-19.

PHRI Pusat sempat melakukan survei pada September 2020 terhadap 9.000 lebih restoran di seluruh Indonesia, dengan 4.469 responden. Ditemukan sekitar 1.033 restoran yang tutup permanen.

"Sejak bulan Oktober 2020 sampai sekarang, bisa diperkirakan sekitar 125 - 150 restoran yang tutup per bulan. Jika Opsi (lockdown akhir pekan) berjalan, bisa dipastikan penutupan restoran secara permanen akan mencapai sekitar 750," kataÂSutrisno Iwantono selaku Ketua BPD PHRI DKI Jakarta, Jumat (5/2).


WacanaÂlockdown akhir pekan akhirnya ditepis oleh Gubernur DKIÂJakarta AniesÂBaswedan. Ia menegaskan pemprovÂDKIÂJakarta fokus pada perpanjangan PPKM.

Wakil Ketua Umum PHRI Bidang Restoran, Emil ArifinÂpernah mengatakan data tersebut sudah mencakup restoran yang berada di mal. Emil memperkirakan ada sekitar 4.000 lebih restoran di pusat perbelanjaan. Sebagian besar disebutnya juga sudah menutup operasi.

Ia pun mengungkapkan alasan para restoran tutup permanen atau sementara yaitu masalah modal kerja. "Nggak bisa start lagi, kehabisan modal. Ibarat sudah rugi tapi napas nggak bisa panjang, jadi tutup. Biasanya dengan customer penjualan Rp 15 juta di mal sekarang datang penjualan Rp 2-3 juta. Lama-lama mati," kata Emil.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)