Kasus Kematian Tinggi, Tangsel Jadi Prioritas Dapat Vaksin Covid-19 Dibanding Kota Tangerang

Kasus Kematian Tinggi, Tangsel Jadi Prioritas Dapat Vaksin Covid-19 Dibanding Kota Tangerang

Terbaiknews - TANGERANG SELATANKOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten mengungkap alasan Tangerang Selatan...

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten mengungkap alasan Tangerang Selatan dipilih menjadi wilayah prioritas distribusi vaksin Covid-19 dibandingkan Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramuji menjelaskan, dua kota tersebut memang memenuhi kriteria sebagai wilayah prioritas penerimaan vaksin, karena berdekatan dengan DKI Jakarta.

Namun, Tangerang Selatan dipilih lantaran kasus Covid-19 di wilayah tersebut lebih tinggi dibandingkan Kota Tangerang.

Wali Kota Depok Pernah Terinfeksi Covid-19, Tidak Diberi Vaksin Tahap 1

"Iya jadi ada dua hal. Pertama karena berdekatan dengan DKI Jakarta, dan satu lagi di sini masih zona merah dan kasusnya lebih tinggi," ujar Ati kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

Terlebih lagi, Tangerang Selatan menjadi wilayah dengan case fatality rate atau kasus kematian akibat Covid-19 tertinggi di wilayah Provinsi Banten.

"Terutama case fatality rate-nya tertinggi se Banten," kata Ati.

Tangerang Selatan dan Kota Serang menjadi wilayah yang diprioritaskan mendapatkan jatah vaksin Covid-19 pada pendistribusian termin pertama di wilayah Banten.

Ati mengatakan, dua wilayah tersebut dipilih berdasarkan arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk mendahulukan ibu kota provinsi dan wilayah yang berdekatan dengan DKI Jakarta.

Nakes di Tangsel akan Divaksinasi Covid-19 Mulai 15 Januari 2021

Kota Serang merupakan Ibu Kota Provinsi Banten, sedangkan Tangerang Selatan menjadi wilayah yang bersebelahan dengan DKI Jakarta.

"Itu sasarannya sesuai arahan Kemenkes hanya dua kota dipilih, yaitu Tangerang Selatan yang berdekatan dengan DKI, dan Serang ibu kota provinsi," kata dia.

COVID-19 Detais Indonesia