14.060 Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Kota Bekasi

14.060 Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Kota Bekasi

Terbaiknews - BEKASI,KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bekasi telah menerima 14.060 vaksin dari pemerintah pusat pada...


BEKASI,KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bekasi telah menerima 14.060 vaksin dari pemerintah pusat pada Selasa (12/1/2021). Ribuan vaksin Sinovac buatan China itu siap disuntikkan kepada penerima vaksinasi pada bulan ini.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati saat dikonfirmasi.

" Vaksin ini telah kami terima dengan jumlah sebanyak 14.060 buah di mana ini untuk vaksinasi tahap pertama yang akan dilaksanakan di Kota Bekasi," kata dia, Selasa (12/1/2021).

Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Depok

Vaksin tersebut kemudian disimpan di tempat khusus dengan suhu tertentu sebelum akhirnya disuntikkan kepada penerima vaksin tahap satu. Para tenaga kesehatan yang tergabung sebagai 120 vaksinator juga sudah dilatih untuk merawat vaksin tersebut agar tetap steril.

"Diperlukan coldchain untuk penyimpanan bagi tempat vaksin atauvaccine carrier itu membawa pada saat pelaksanaan, karena vaksin harus tetap aman," kata Tanti.

"Ada alternatif lain, memang yang lebih dipunyai oleh semuanya yaitu dengan kulkas dua pintu dengan catatan itu tidak boleh di buka tutup," tambah dia.

Hingga saat ini, Tanti belum bisa pastikan kapan vaksin tersebut akan mulai disuntikkan ke masyarakat.

Empat tahap pemberian vaksin

Sebelumnya, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezy Syukrawati mengatakan, pemberian vaksin atau vaksinasi akan melalui empat tahap.

Pada tahap satu yang berlangsung dari Januari 2021 hingga April 2021, sebanyak 11.983 tenaga kesehatan akan mendapatkan vaksinasi.

COVID-19 Detais Indonesia