Cari Cleopatra, Dapat Mumi “Berlidah” Emas

Cari Cleopatra, Dapat Mumi “Berlidah” Emas

Terbaiknews - HASIL PENGGALIAN: Foto mumi berusia 2.000 tahun dengan jimat foil emas di dalam mulut yang ditemukan di Kuil Taposiris Magna di barat Alezandria (Kementerian Purbakala Mesir/AFP)

– Misi gabungan arkeolog Mesir-Dominika menemukan 16 mumi. Tapi, para mumi itu tidak biasa. Bukan karena wujudnya. Tapi, di masing-masing mulutnya terdapat jimat dari emas. Bentuknya menyerupai lidah.

’’Mumi itu ditemukan di Kuil Taposiris Magna, barat Alexandria,’’ ujar Kementerian Pariwisata dan Benda Kuno Mesir seperti dikutip Agence France-Presse.

Usia mereka diperkirakan 2 ribu tahun. Kondisinya tidak diawetkan dengan baik. Teknik pemakaman di temuan itu marak digunakan pada era Yunani dan Roma.

Pihak kementerian menyatakan bahwa jimat yang diletakkan di dalam mulut itu memiliki tujuan agar di alam baka nanti mereka bisa berbicara di peradilan Dewa Osiris. Menurut kepercayaan Mesir kuno, Osiris adalah penguasa dunia bawah dan hakim di alam baka.

Cari Cleopatra, Dapat Mumi “Berlidah” Emas
HASIL PENGGALIAN: Foto mumi berusia 2.000 tahun dengan jimat foil emas di dalam mulut yang ditemukan di Kuil Taposiris Magna di barat Alezandria (Kementerian Purbakala Mesir/AFP)

Ada dua mumi yang membuat para peneliti tertarik. Satu dihiasi dengan patung Osiris yang disepuh. Satu lainnya memiliki mahkota yang dihiasi tanduk dan ular kobra serta memiliki liontin berbentuk kepala elang. ’’Dia adalah simbol Horus, putra Isis dan Osiris,’’ujar Kathleen Martinez, ketua misi gabungan.

Selain mumi, tim tersebut juga menemukan topeng penguburan perempuan, mahkota emas, dan delapan topeng yang terbuat dari pahatan marmer. Meski begitu, sejatinya yang mereka cari bukanlah benda-benda tersebut. Tim itu sudah bekerja selama beberapa tahun dengan tujuan mencari makam Ratu Ptolemeus Cleopatra. Dia menjadi legenda karena kecantikan dan kecerdasannya.

Beberapa arkeolog kini meragukan lokasi itu sebagai kuburan Cleopatra. Kecil kemungkinan ia ditemukan di daerah tersebut. Dinasti Ptolemeus berasal dari Yunani dan memerintah Mesir antara 323 dan 30 sebelum Masehi. Itu merupakan dinasti Firaun terakhir sebelum Mesir berada di bawah kekuasaan Romawi. Penguasa terakhir tersebut adalah Cleopatra.

Saksikan video menarik berikut ini: